Analyses of Socio-Economic and Product's Marketing of Social Forestry Participants in KPH Surakarta

Dodik Ridho Nurrochmat

Abstract

Setiap kebijakan yang bertujuan sosial sebagaimana halnya Perhutanan Sosial (PS) merupakan salah satu bentuk terpenting dari aplikasi ekonomi kesejahteraan. Penduduk miskin adalah target utama program PS karena mereka seringkali diidentikkan sebagai agen perusak dan perambah hutan. Ada dua capaian utama yang hendak dituju program PS, yaitu: pertama, program PS harus melibatkan penduduk termiskin dari yang miskin sebagai peserta program. Kedua, program PS harus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat peserta program. Besarnya kontribusi pendapatan program PS terhadap pendapatan total peserta sangat bervariasi. Program PS dapat kurang berhasil akibat kesalahan dalam memahami fenomena sosial di masyarakat dan kurangnya perhatian terhadap perencanaan produksi dan strategi pemasaran.

Authors

Dodik Ridho Nurrochmat
jmhtjournal@yahoo.com (Primary Contact)
NurrochmatD. R. (1). Analyses of Socio-Economic and Product’s Marketing of Social Forestry Participants in KPH Surakarta. Jurnal Manajemen Hutan Tropika, 6(1). Retrieved from https://jesl.journal.ipb.ac.id/index.php/jmht/article/view/2671

Article Details