Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PERSIAPAN NASKAH

  1. Apabila naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, maka judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, sedangkan bila naskah ditulis dalam Bahasa Inggris maka judul ditulis hanya dalam Bahasa Inggris. Naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia perlu memerhatikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apabila naskah ditulis dalam Bahasa Inggris, penulisan harus sesuai dengan standard scientific usage.
  2. Naskah dipersiapkan dalam format Microsoft Word, kecuali untuk grafik/diagram/tabel menggunakan format Microsoft Excel dan gambar menggunakan format JPEG atau PDF.
  3. Naskah yang dikirimkan harus dilengkapi dengan halaman dan nomor baris (line number).
  4. Naskah ditulis dengan huruf Cambria ukuran 11, diketik dengan spasi 1, margin kanan-kiri-atas-bawah masing-masing 3 cm, ditulis pada kertas A4. Panjang naskah 6-15 halaman, kecuali untuk penulisan judul ditulis dengan huruf Cambria ukuran 12.
  5. Naskah terdiri atas: judul, nama penulis, institusi/ afiliasi, abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, ucapan terimakasih (bila ada) lampiran diperkenankan (bila ada).
  6. Setiap awal alinea dan formula/rumus menjorok/indent 1 cm dari tepi kiri. Khusus untuk formula/rumus ditulis dengan ukuran 10 dan diberi keterangan.
  7. Penulisan Bab (heading) menggunakan huruf kapital ukuran 11, sedangkan Sub Bab (subheading) dan sub sub bab (sub of subheading) menggunakan huruf kapital diawal kata (Capitalize Each Word). Bab dan Sub Bab dicetak tebal (bold) dan rata kiri. Jarak Bab dengan Sub Bab 1,5 spasi. Jarak Sub Bab dengan kalimat 1 spasi. Sistem penulisan mengikuti kaidah berikut :

           Contoh :
           METODE PENELITIAN
          Jenis dan Sumber Data
          Kalimat dan seterusnya…

  1. Format penulisan catatan kaki (footnote) mengikuti aturan teknis tulisan ilmiah dengan huruf Cambria ukuran 9 dan menyebutkan secara jelas sumber acuan dengan menggunakan sistem catatan kaki (footnote).

DETAIL PENULISAN TENTANG NASKAH

  1. Judul; Judul dicetak tebal (bold) dengan huruf capital pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. Judul maksimum terdiri atas 14 kata (tidak termasuk kata sambung). Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang ditulis miring (italic) dan dicetak tebal (bold).  Judul diketik dengan huruf Cambria ukuran 12.
  2. Nama Penulis; Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, diberikan superscript sesuai urutan penulis pertama, kedua, dan seterusnya, menggunakan huruf kapital diawal kata (Capitalize Each Word), ditulis di tengah halaman, dan menggunakan huruf Cambria ukuran 11. Nama dan alamat lembaga ditulis lengkap, menggunakan huruf kapital diawal kata (Capitalize Each Word) ditulis di tengah halaman, dan menggunakan huruf Cambria ukuran 10. Alamat email setiap penulis ditulis miring (Italic) menggunakan huruf Cambri ukuran 10.
  3. Abstrak; Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, menggunakan huruf Cambria ukuran 10, spasi 1, panjang tulisan 150-250 kata, ditulis dalam format satu alinea. Abstrak harus memuat minimal pendahuluan, tujuan, metode penelitian, hasil dan pembahasan serta kesimpulan. Editor memiliki hak untuk mengedit abstrak dengan alasan kejelasan. 
  4. Kata kunci; Kata kunci berjumlah 3-5 kata yang ditulis miring (Italic) dan diurutkan sesuai abjad.
  5. Pendahuluan; Terdiri atas latar belakang dan tujuan penelitian yang ditulis dalam alinea yang berbeda. Latar belakang merupakan rasional dilakukannya penelitian yang didukung dengan hasil penelitian terkini (state of the art) dari jurnal dalam dan luar negeri sebagai sumber acuan primer.
  6. Metode Penelitian; Terdiri atas lokasi dan waktu penelitian, jenis dan sumber data, metode pengambilan sampel, metode pengolahan dan analisis data.
  7. Hasil dan Pembahasan; Ditulis dalam satu bab yang sama. Hasil penelitian menyajikan berbagai karakteristik data subjek/sampel dan temuan utama penelitian, sedangkan pembahasan berisi diskusi yang menghubungkan dan membandingkan hasil penelitian dengan teori/konsep/temuan dari hasil penelitian lain menggunakan acuan primer. Pembahasan harus bermakna tidak sekedar menarasikan hasil (tabel dan gambar), serta sebaiknya mengemukakan implikasi dari hasil penelitian
  8. Simpulan; Berisikan jawaban dari tujuan peneliti dan bukan merupakan ringkasan hasil penelitian. Kesimpulan harus ditulis singkat dalam satu paragraf, tetapi mencerminkan hasil penelitian yang dilakukan.
  9. Ucapan terimakasih (opsional); Berisikan ucapan terima kasih kepada pemberi dana atau sponsor, penyumbang bahan dan sarana penelitian. Nama dituliskan tanpa gelar.
  10. Daftar Pustaka Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu di dalam artikel. Daftar pustaka disusun berdasarkan APPA Style.

Buku

[Bappenas] Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2004. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta.

Fauzi, A. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi.PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hess, P., C. Ross. 2000. Economic Development : Theories, Evidence and Policies. The Dryden Press, North Carolina.


Artikel dalam Jurnal dan Working Paper

Hobbs, J.E. 1997. Measuring The Importance of Transaction Costs in Cattle Marketing. American Journal of Agriculture Economics, 79(4):1083-1095.

Jackson, R.W., A.T. Murray. 2002. Alternative Formulations for Updating Input-Output Matrices. Research Paper, 1(9):1-16.


Skripsi/Tesis/Disertasi

Hadianto, A. 2010. Analisis Pertumbuhan Sektor Berbasis Kehutanan dan Dampaknya Terhadap Distribusi Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia : Pendekatan Analisis Input-Output Miyazawa. Tesis Magister Sains. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hadi, A. 2013. Analisis Produksi dan Konsumsi Kedelai Domestik Dalam Rangka Mencapai Swasembada Kedelai di Indonesia. Skripsi Sarjana. Departemen
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Artikel dalam Seminar/Pertemuan

Winoto, J., H. Siregar. 2005. Peranan Pembangunan Infrastruktur Dalam Menggerakan Sektor Riil. Makalah Sidang Pleno ISEI IX, Jakarta.

Laporan Penelitian

Hakim, D.B, A. Hadianto, A. Setyanto. 2008. Food Trade Outlook in Indonesia. Trade and Investment Outlook Report, United Nation Development Program (UNDP), Jakarta.

Tulisan dalam Internet

Investor Daily. 2013. “Wapres : Kebijakan Pangan Jangan Membuat Indonesia Terpasung”.(http://www.investor.co.id/agribusiness/wapres-kebijakan-panganjangan-membuat-indonesia-terpasung/73343), diakses 5 Februari 2014.

Peraturan Perundang-Undangan

Republik Indonesia. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah. Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Bibliografi

Cabriac D, Warmbordt R, penghimpun. 1993. Biotechnology and Bioethics [bibliografi]. Beltsville (US): National Agricultural Library. 97 acuan dari database AGRICOLA Jan 1985-Des 1992.

Dokumen

[IPB] Institut Pertanian Bogor. 2000. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2000 tentang Penetapan Institut Pertanian Bogor sebagai Badan Hukum Milik Negara. Bogor (ID):IPB.


11.Lampiran diperkenankan (bila ada)

Berisi informasi yang relevan dan substansi tulisan, dan paling banyak 3 halaman.

TABEL, GAMBAR DAN GRAFIK

Tabel

  1. Tabel harus jelas (memberikan informasi yang lengkap dan bisa dipahami tanpa mengacu pada tubuh naskah). Semua tabel harus dikutip dalam teks dan jangan menggandakan data yang sudah diberikan teks atau angka.
  2. Judul tabel harus singkat dan jelas. Hanya kata awal ditulis dengan huruf besar, diketik di atas tabel, dan diberi nomor menggunakan nomor Arab.
  3. Judul dan isi tabel ditulis menggunakan jenis huruf Cambria ukuran 10. Apabila ada keterangan dan sumber yang digunakan pada tabel ditulis dibawah dengan ukuran huruf 10.

Gambar dan Grafik

  1. Judul harus singkat dan jelas, terletak di bawah Gambar atau Grafik. Kata awal ditulis dengan huruf besar dan bernomor dengan angka
  2. Judul dan isi gambar serta grafik ditulis menggunakan jenis huruf Cambria ukuran 10. Apabila ada keterangan dan sumber yang digunakan pada gambar dan grafik ditulis dibawah dengan ukuran huruf 10.
  3. Format untuk gambar adalah JPEG dan PDF.

UNDUH PANDUAN PENULISAN IJAREE

TEMPLATE PENULISAN NASKAH IJAREE

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.