Etika Lingkungan Hidup Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pertanian Ramah Lingkungan (Kasus Kelompok Tani Patra Rangga, Kabupaten Subang)

  • Jurnal CARE CARE Center for Alternative Dispute Resolution and Empowerment, Bogor Agricultural University
  • Alya Putri Mulyani PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field

Abstract

Isu-isu lingkungan banyak dijumpai dalam kegiatan pertanian yang belum berwawasan lingkungan. Kegiatan pertanian sehat ramah lingkungan dan berkelanjutan merupakan salah satu kegiatan yang memperhatikan etika lingkungan. Adanya prinsip etika lingkungan bertujuan untuk dapat digunakan sebagai pegangan dan tuntunan perilaku manusia dalam berhadapan dengan alam. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk: (1) Menganalisis keberlanjutan program pertanian sehat ramah lingkungan oleh kelompok tani Patra Rangga; dan (2) Menganalisis pemahaman dan pelaksanaan etika lingkungan dalam program pertanian sehat ramah lingkungan oleh kelompok tani Patra Rangga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Menurut hasil penelitian analisis terhadap pemahaman dan pelaksanaan prinsip etika lingkungan, secara keseluruhan dapat dilihat bahwa tingkat prinsip etika lingkungan anggota kelompok tani Patra Rangga termasuk pada kategori tinggi yaitu sebanyak 14 dari total 19 orang anggota kelompok atau sebesar 73.68%.

Kata kunci: Etika Lingkungan, Keberlanjutan, Pertanian

Published
2020-09-29
How to Cite
CARE, J. C., & Mulyani, A. P. (2020). Etika Lingkungan Hidup Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pertanian Ramah Lingkungan (Kasus Kelompok Tani Patra Rangga, Kabupaten Subang). Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 5(1), 22-29. Retrieved from http://jesl.journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/32677

Most read articles by the same author(s)